Thursday 6 August 2015

Cara Cepat Mencari File PDF Gratis di Internet




Di Mozilla Firefox bukan hanya mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, atau Bing yang dapat dirubah atau ditambahkan tetapi masih banyak yang lainnya termasuk salah satunya PDF Search Engine yang memungkinkan kita untuk mencari ebook PDF dengan mudah.

#1 Panduan Cara Cepat Mencari File PDF Gratis di Internet – Firefox

Jika anda sering mencari referensi dalam bentuk file PDF entah untuk tugas sekolah, kuliah atau pekerjaan lainnya dan kesulitan menemukan yang tepat maka bisa mencoba cara berikut :
  1. Buka Mozilla Firefox lalu kunjungi https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/search/?atype=4
  2. Kemudian pada kotak pencarian ketik open PDFEnter.
  3. Setelah itu akan muncul banyak pilihan seperti gambar dibawah ini. Klik +Add to FirefoxCara Cepat Mencari File PDF
  4. Kemudian akan muncul pop up Add Search Engine – Klik Add.
  5. Setelah selesai maka akan menambah satu mesin pencarian di browser Firefox yang anda gunakan, dan untuk menggunakannya cukup ketik kata kunci yang dicari pada kotak pencarian firefox sebagai contoh anda mencari “cara membuat paspor” kemudian saat muncul pilihan search engine pilih openpdf.Cara Cepat Mencari File PDF Gratis di Internet – Firefox
  6. Kemudian akan terbuka halaman http://openpdf.info/?q=cara+membuat+paspor dengan hasil seperti ini. Mencari PDF Online
Langkah 1-4 hanya dilakukan satu kali cukup ketik apa yang anda cari lalu pilih openpdf bukan google maupun mesin pencari lainny

#2 Mencari File PDF Online Menggunakan Google

Jika merasa cara pertama merepotkan maka anda dapat mencoba cara berikut yaitu langsung mencari di Google dengan menambahkan query filetype, berikut langkahnya.
Buka Google kemudian ketik kata kunci yang dicari + filetype:pdf – Misal cara pembuatan paspor anak filetype:pdf maka hasilnya adalah.
Mencari File PDF Online Menggunakan Google
Kesimpual : Jika memilih cara pertama maka hanya perlu menambahkan default search engine pada firefox kemudian anda bisa mencari informasi apapun dalam bentuk ebook/PDF dengan mudah, sedangkan jika memilih cara kedua yaitu menggunakan Google maka harus menambahkan kata filetype:pdf dibelakang kata-kata yang dicari. Pilih mana silahkan putuskan sendiri tetapi saya lebih suka cara pertama, bagaimana dengan anda?

Semoga bermanfaat ya!

Sumber : http://penablog.com/cara-cepat-mencari-file-pdf-gratis-di-internet/

No comments:

Post a Comment