Wednesday 12 August 2015

Menyimpulkan Dialog Interaktif

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita terlibat dalam suatu percakapan. Percakapan terjadi karena ada masalah yang dibahas, di situlah kita dapat menyampaikan pendapat, gagasan, atau pengalaman. Suatu dialog dapat dipahami dengan jelas apabila terdapat kejelasan ucapan dalam dialog, sikap-sikap pendukung pada waktu berdialog, dan terdapat kejelasan isi yang dibahas.
Bahasa dalam dialog/percakapan harus disesuaikan dengan situasi. Jika situasi dialog resmi, menggunakan bahasa baku. Jika situasi tidak resmi, menggunakan bahasa nonbaku.
Dialog adalah percakapan antara dua orang atau lebih. Mendengarkan dialog merupakan kegiatan menyimak yang memerlukan konsentrasi untuk memperoleh informasi dan untuk memahaminya. Radio dan televisi merupakan media elektronik yang dapat menjadi sumber berita dan informasi. Di media tersebut, kita dapat mendengar atau melihat acara dialog. Dengan mendengarkan dialog antartokoh, kita akan dapat memahami pandangan setiap tokoh terhadap suatu masalah. Setelah mendengarkan dialog, kita harus mampu menyimpulkan isinya dan memahami informasi yang terdapat dalam dialog tersebut.
Dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.
Tutuplah buku pelajaranmu, dengarkan dialog yang akan dibacakan oleh temanmu atau rekaman berikut!
Ade           : Apa yang dimaksud dengan gas metana?
Hery          : Istilah lain dari gas metana adalah gas rawa. Istilah itu diambil karena rawa banyak mengandung gas metana. Coba saja kita tancapkan bambu di rawa. Kalau disulut api, bambu pasti meledak, semacam ledakan kecil. Ledakan terjadi melalui pembusukan dari dalam bambu tersebut sehingga membentuk gas metana yang menyemburkan api.
Ade           : Apakah biogas juga banyak mengandung gas metana?
Hery          : Ya. Gas metana terkandung dalam biogas, yakni melalui pembusukan dibantu dengan unsur mikroba atau bakteri yang mempercepat pembentukan gas tersebut. Gas metana berasal dari hasil limbah peternakan dan pertanian.
Ade           : Bagaimana cara mengembangkannya?
Hery          : Suatu area peternakan dan pertanian luas dapat digunakan sebagai sumber energi biogas alternatif. Caranya, kotoran dan limbah pertanian ditampung dalam tangki tertutup yang bentuknya seperti lonceng terbalik. Melalui proses itu, akan dihasilkan gas metana yang dapat mengeluarkan energi untuk kebutuhan pemanasan.
Ade           : Apa keuntungan penggunaan biogas sebagai energi alternatif?
Hery          : Energi alternatif yang dihasilkan tergolong energi terbaru. Energi itu tidak merusak lingkungan sehingga kita tidak bergantung pada energi dari fosil bumi atau minyak bumi. Energi tersebut juga tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan, seperti polusi atau pencemaran.
Ade           : Apakah biogas dapat dimanfaatkan menjadi energi gerak atau listrik?
Hery          : Hal itu sangat dimungkinkan sebab gas metana yang dihasilkan dapat membakar dan menjadi energi gerak berupa energi listrik. Tentu saja perlu ada instalasi tambahan. Misalnya, dibuatkan turbin atau peralatan lain untuk menghasilkan energi listrik. Dari turbin itu, dihasilkan energi listrik. Kemudian, energi tersebut disimpan.
Ade           : Dari segi biaya apakah relatif murah?
Hery          : Saya kira penggunaan dan pembuatan biogas untuk kebutuhan sehari-hari secara ekonomi masih terjangkau. Dananya relatif murah dengan catatan tersedia banyak bahan baku biogas. Semakin banyak sumber alam, produksi energi biogas yang dihasilkan juga semakin banyak. Tentu, hal itu akan lebih hemat biaya karena energi listrik dari biogas tidak memerlukan kabel untuk memasok listrik.
Sumber : www.crayonpedia.org
  1. Tuliskan  hal-hal  penting  yang  disampaikan  oleh  narasumber  dengan menggunakan format di bawah ini.
Narasumber
Hal Penting Isi Pembicaraan
Hery
  1. Gas metana banyak terdapat di rawa-rawa.
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
  1. Berdasar pada catatan tentang hal-hal penting tersebut, buatlah simpulan isi dialog dalam beberapa kalimat:
Simpulan isi dialog:
  1. ………………………………………………………………………………………………………..
  2. ………………………………………………………………………………………………………..
  3. ………………………………………………………………………………………………………..
  4. ………………………………………………………………………………………………………..
  5. ………………………………………………………………………………………………………..
  1. Saling tukarkan hasil pekerjaanmu dan berikan penilaian simpulan yang dibuat oleh temanmu dengan menggunakan format penilaian berikut ini.
Format Penilaian Menyimpulkan Isi Dialog
Nama Siswa    :
Kelas               :
No.
Aspek/Indikator
1
2
3
4
5
Skor
1.
2.
3.
4.
Kesesuaian dengan isiPenalaran Struktur kalimat
Ejaan dan tanda baca






Tugas
Dengarkan dialog interaktif yang disiarkan oleh sebuah stasiun radio atau yang ditayangkan di televisi, kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini!
  1. Tulislah stasiun radio atau stasiun televisi yang menayangkan dialog tersebut!
  2. Tulislah waktu penayangan (jam, hari, tanggal)!
  3. Sebutkan para narasumber dan reporternya!
  4. Tulislah hal-hal penting yang dikemukakan narasumber!
  5. Buatlah simpulan isi dialog tersebut!

No comments:

Post a Comment