Wednesday, 5 August 2015

Sejarah Internet dan IntraNET

Ulasan mengenai sejarah perkembangan internet dan intranet dari awal sampai akhir - Internet dan intranet memang menjadi bagian terpenting dalah perkembangan teknologi di dunia. Tanpa adanya dua hal tersebut teknologi tak akan mungkin berkembang seperti sekarang ini. Melalui internet kita dapat mengakses semua informasi yang kita butuhkan, namun di balik semua itu apakah anda tahu mengenai sejarah internet dan intranet ?? dan jika anda belum mengetahuinya berikut adalah ulasanya :

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah internet dan Intranet
Sejarah internet dimulai pada bulan Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat. Lewat sebuah proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana pada waktu itu mereka mendemonstrasikan berbagi perangkat lunak komputer dan juga perangkat keras jaringan komputer yang berbasis UNIX, dengan menggunakan perantara tersebut manusia bisa melakukan komunikasi jarak jauh bahkan tidak terhingga hanya melalui saluran telepon. Pada saat itu proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan mengukur seberapa besar informasi dapat dipindahkan kemudian pada akhirnya semua standart yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).
Sejarah internet juga dimulai dengan terciptanya komputer pertama yaitu di kota di university of California Los Angelos, kemudian komputer ke 2 berada di Stanford Research Institute dan komputer ke 3 berada di University of California Barbara dan yang terakhir koputer yang ke 4 berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton dan internet terus mengalami pengembangan-pengembangan sampai sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Intranet
internet dan Intranet
Pengertian intranet  (Internal Network) adalah jaringan komputer dalam ruang lingkup terbatas yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Jadi intinya, semua fasilitas yang ada di Internet dapat anda gunakan untuk keperluan mengakses informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Sejarah Intranet di mulai sekitar tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk Web dalam suatu perusahaan.Intranet bisa disebut juga sebagai LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet. Kompatibilitas Intranet sangat tinggi terhadap sistem lainnya sehingga mudah di terapkan, di pelajari, di kembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program dan sistem operasi yang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN.

Hal lain yang membedakan internet dan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.
Penggunaan intranet sebenarnya tergantung dari bentuk organisasi para penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, sutu instansi perpustakaan atau departemen lainnya.
Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak dipergunakan sebagai :

  • OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan
  • membrikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna, misalnya jurnal kedokteran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.
  • informasi sistem service dan lain lain.
  • Sistem sirkulasi online

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti :
aplikasi browser seperti : internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape
  • perangkat bantu pengembang
  • komputer server
  • protokol TCP/IP
  • bahasa pemrograman (html, php, mysql  dan lain lain )
  • komputer client
  • perangkat jaringan
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).

Sumber : http://masterz-seo.blogspot.com/2014/01/sejarah-internet-dan-intranet.html

No comments:

Post a Comment