Saturday 26 September 2015

Erica, Robot Android Cantik yang Semakin Mirip Manusia

Walau masih terlihat kaku untuk standar manusia, namun Erica saat didemonstrasikan di hadapan para jurnalis memang terlihat semakin mirip dengan manusia.

Erica, Robot Android Cantik yang Semakin Mirip ManusiaErica, robot android cantik yang semakin mirip dengan manusia. (Mashable)
Profesor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka, Jepang, kembali memperkenalkan robot android cantik yang semakin mirip dengan manusia. Robot wanita tersebut diberi nama Erica.
Berbeda dengan rancangan Ishiguro sebelumnya, Erica bukan hanya didesain untuk memanjakan mata, namun juga telinga pecinta Android.  Ya, Ishiguro telah meningkatkan kemampuan berbicara robot android-nya, selain juga bahasa tubuh saat berbicara.
Dikutip dari Mashable, Rabu (12/8), Ishiguro mencoba untuk menghilangkan kecanggungan yang muncul saat manusia berkomunikasi dengan robot.
Walau masih terlihat kaku untuk standar manusia, namun Erica saat didemonstrasikan di hadapan para jurnalis memang terlihat semakin mirip dengan manusia.
Ia bisa berkedip, memiringkan kepala, memiliki gerakan kulit wajah yang mencerimnkan emosi, menggerakkan bibir, serta bahasa tubuh yang mengikuti gaya bicaranya.
Bahkan robot android ini juga bisa menggumamkan "uuuunnnn?", sebuah komunikasi non-verbal yang berarti "sungguh?" yang umum dipakai di Jepang.
Erica adalah hasil kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency, Osaka University, the Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) dan Kyoto University.
Saat ini Erica, si robot android cantik yang semakin mirip dengan manusiasedang dipamerkan di Miraikan National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo, Jepang

No comments:

Post a Comment