Saturday, 19 September 2015

Perbedaan Winning Eleven (WE) dengan Pro Soccer Evolution (PES)

WE vs PES

Pro_Evolution_Soccer_PES_2015_PlayStation_PS4
Apa sebenarnya perbedaan diantara Winning Eleven dengan Pro Evolution Soccer (PES)?
Jawabannya secara garis besar adalah TIDAK ADA. Ya, sebenarnya tidak benar-benar sama persis, sebagaimana dua-duanya adalah game yg sama, tetapi ada sejumlah perbedaan kunci yg membuat mereka harus diberi judul game yg berbeda: PES adalah reinkarnasi dari Winning Eleven.

Untuk menelaah lebih lanjut, kita harus kembali ke zaman kejayaan PlayStation 2, dimana mereka yg beruntung tinggal di Jepang memiliki kesempatan untuk mencicipi terlebih dahulu versi Winning Eleven yg baru dirilis, sementara mereka yg tinggal di Eropa, harus menunggu untuk versi Pro Evolution Soccer yg dirilis setelahnya. Walaupun di masa kini, dua judul game yg berbeda tapi isinya sama ini diluncurkan selalu berbarengan.

World_soccer_Winning_Eleven_2015
World Soccer Winning Eleven 2015, dengan Keisuke Honda sebagai covernya.

Winning Eleven pertama kali diluncurkan untuk konsol game Playstation via cakram pada awal tahun 1995 dan telah berkembang dari tahun ke tahun (masih melalui platform yg sama) hingga ke Winning Eleven 2014-2015. Kini Anda bisa menemukan game Winning Eleven diantara semua konsol game mulai dari Nintendo Wii, PlayStation 3 dan 4, PlayStation Portable (PSP) dan Xbox 360 sementara Konami masih memproduksi versi Personal Computer (PC) bahkan juga versi Winning Eleven untuk PS2 bagi mereka yg belum bisa move on dari tahun 90-an!

Perbedaan WE dengan PES

Winning_Eleven_Region_3_Edisi_Spesial_Jepang
Lalu apa perbedaan mendasar yg membedakan antara PES dengan Winning Eleven?
Ya, selain dari tanggal peluncuran yg berbeda tipis dan variasi bahasa (walaupun Anda bisa mengubah bahasa di game Winning Eleven ke dalam bahasa Inggris), adalah region. Winning Eleven (WE) adalah game yg ditujukan untuk region 3 (Jepang dan Asia). Sebagaimana yg mungkin telah Anda ketahui, secara umum ada 3 kode regional dalam hal peluncuran game: yakni region 1, 2, and 3. Dua regional awal, yaitu 1 dan 2, Pro Evolution Soccer mempertahankan judul aslinya, sementara di Winning Eleven adalah judul yg ditujukan khusus untuk region 3.

Mengapa demikian? Selain dari deskripsi singkat yg indah tentang sepakbola (Winning Eleven = Kesebelasan Pemenang), sebuah teori menyatakan bahwa merk dagang Winning Eleven sudah terlanjur melekat pada benak gamers di wilayah Asia, sementara itu nama yg sama tidak memiliki keberuntungan dari sudut pandang kesuksesan di luar Asia, dimana mereka bersaing ketat dan harus menerima kenyataan bahwa game FIFA lebih disukai oleh penggemar Amerika dan Eropa. Oleh karena itu, Konami memilih nama Pro Evolution Soccer sebagai merk dagang di region 1 dan dua, lalu tetap menggunakan nama merk dagang Winning Eleven di wilayah Asia. Sehingga kesimpulannya, Winning Eleven (WE) pada dasarnya adalah Pro Evolution Soccer dengan sejumlah perubahan yg hanya tersedia secara ekslusif untuk penggemarnya di pasar Jepang dan Asia.

Region Server Lock

Tetapi Anda harus tahu bahwa ada region server lock pada aplikasi Winning Eleven, Konami melarang akses pada online server berdasarkan regionnya. Artinya para pemain WE tidak akan bisa bertanding melawan pemain PES di region 1 dan 2, begitu juga sebaliknya. Jadi untuk pengalaman online yg terbaik, sangat disarankan bagi Anda untuk memainkan game berdasarkan region dimana Anda berada.
Sementara itu, bicara tentang region lock, Jepang memiliki versi Winning Eleven tersendiri. WE versi Jepang ini juga memiliki server online tersendiri, terpisah dari semua pemain WE di region 3. Selain itu WE Jepang ini memiliki sebuah liga J-League DLC khusus dan ekslusif yg tidak tersedia di versi region lainnya. Entah mengapa Konami memilih untuk tidak menyediakan J-League DLC di seluruh region membuat saya bertanya-tanya, padahal Konami menyertakan Liga Brazil dan Liga Argentina yg full berlisensi tetapi tidak ada J-League? Justru seharusnya mereka menyediakan J-League yg akan bermanfaat bagi liga mereka sendiri dan mendapat perhatian dari kalangan penggemar bola di seluruh dunia. Kesempatan bagi mereka untuk memperkenalkan para pemain Jepang yg berlaga di liga mereka sendiri. Bukankah itu akan bermanfaat bagi persepakbolaan Jepang?

No comments:

Post a Comment