Friday, 23 October 2015

Sejarah Prosesor AMD

Advanced Micro Devices (AMD) adalah produsen terbesar kedua di dunia mikroprosesor, setelah Intel. Pada 2010, AMD memiliki 12,1 persen pasar mikroprosesor global, dibandingkan dengan Intel 80,6 persen, menurut perusahaan yang melakukan riset yaitu perusahaan iSupply. Selama bertahun-tahun, AMD telah dikenal untuk membuat beberapa terobosan teknologi utama dalam pengembangan prosesor untuk komputer milik pribadi, berbagai jenis workstation, dan server.

Latar belakang

AMD didirikan pada tahun 1969 lebih tepatnya lagi di daerah Sunnyvale, kota California. Setahun kemudian, perusahaan memperkenalkan perangkat proprietary pertama, Am2501 logika counter, yang sangat sukses. Perusahaan yang memiliki jilukan go public pada tahun 1972. sepuluh tahun kemudian tepatnya tahun 1982, AMD menandatangani sebuah perjanjian dengan Intel untuk melayani sebagai produsen sumber kedua Intel untuk prosesor IBM komputer pribadi, namun Intel kemudian membatalkan perjanjian. Selama ini, AMD mengembangkan prosesor pertama, AMD 8086, yang identik dengan model Intel. 8086 memiliki clock rate sederhana hingga 10 MHz, sebagian kecil dari kecepatan prosesor modern. AMD terus mengembangkan prosesor yang lebih rendah dalam alternatif harga dibanding produk Intel.

K5 dan K6

Sejarah Prosesor AMD

Sejarah Prosesor AMD


Pada tahun 1995, AMD memperkenalkan mikroprosesor pertama yang dirancang secara independen, di : AMD-K5. K5 didasarkan pada arsitektur x86 yang dikembangkan oleh Intel, yang telah menjadi standar dominan untuk mikroprosesor. K5 juga teknologi yang lebih maju daripada prosesor Pentium saingan Intel, yang menawarkan clock speed 100 MHz mengesankan. Dua tahun kemudian, AMD mengembangkan mikroprosesor AMD K6-yang diposisikan sebagai berkinerja tinggi, murah alternatif untuk prosesor Intel Pentium II, membantu untuk mendorong harga komputer pribadi di bawah $ 1.000. AMD terus menyempurnakan K6 dengan versi baru, termasuk K6-III, yang dirilis pada tahun 1999, yang menawarkan clock speed hingga 450 MHz dan memori maksimum 4.096 MB.

Athlon

Sejarah Prosesor AMD


Pada tahun 1999, AMD memperkenalkan prosesor Athlon, prosesor generasi ketujuh. Pada saat itu, Athlon adalah prosesor tercepat di pasar dengan menggunakan teknologi x86, menawarkan kecepatan clock hingga 1 GHz. Bahkan, Athlon adalah prosesor pertama untuk menerobos hambatan gigahertz untuk clock speed, dan melakukannya hanya beberapa hari sebelum 1 GHz prosesor Intel Pentium III diperkenalkan. Athlon front-side bus - yang pada dasarnya merupakan jalur antara prosesor dan memori dan merupakan faktor penentu utama bagi kecepatan pemrosesan - dinilai pada 100 MHz.

Sempron

Sejarah Prosesor AMD

Secara historis, AMD telah mengembangkan produk-produk sebagai alternatif biaya rendah untuk Intel - dan ini lagi benar pada tahun 2004, ketika AMD memperkenalkan keluarga prosesor anggaran, awalnya disebut Duron tetapi kemudian dicap sebagai Sempron. Sempron lebih lambat dan memiliki memori cache kurang dari Athlon yang lebih tinggi-end, dan dirancang untuk bersaing dengan Intel Celeron, yang dirancang untuk anggaran PC.

Phenom

Sejarah Prosesor AMD

Pada tahun 2007, AMD diganti nama merek Athlon untuk prosesor high-end dengan Phenom. Pada 2010, AMD terus strategi biaya rendah dengan Intel, menawarkan enam-core, prosesor 1090T 3,2 GHz sebesar $ 295, secara signifikan kurang dari $ 885 daftar harga Intel untuk Core i7 enam-core, 3,2 GHz 970 prosesor.

No comments:

Post a Comment