Saturday, 8 April 2017

Will Wright dan adanya "The Sims"

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Halo pemirsa, sudah lama nih saya tidak nge posting di blog saya ini. Udah berapa tahun ya? (hehehe). Ya kesempatan kali ini saya akan memposting tentang seorang tokoh dalam dunia game, tapi bukan berarti karakter/ tokoh dalam game ya.., Dia seorang pencetus dari sebuah game serial The Sims dan juga Simcity, yakni Will Wright. Seperti apa kisah dari Will Wright ini? Silahkan disimak.

Will Wright (Source dari The Sims 1)
Biodata singkat
Nama lengkapnya William Ralph "Will" Wright lahir di Atlanta, Georgia pada tanggal 20 Januari 1960. Dia adalah seorang Desainer video game asal Amerika dan juga co-founder dari Maxis. Ia juga ambil bagian di Electronics Art (EA). Pada April 2009, Ia meninggalkan EA dan menjalankan clubnya yang bernama Stupid Fun Club.
Game pertamanya yaitu, Raid on Bungeling bay pada tahun 1984, tapi yang membuatnya terkenal adalah SimCity. Game ini di rilis oleh Maxis, sebuah perusahaan yang di bangun Wright dan Jeff Braun, dan Maxis ini banyak sekali menciptakan game dengan tema simulasi, seperti SimEarth dan SimAnt.
Kesuseksan terbesarnya adalah The Sims. Sudah ada banyak sekali sekuel-sekuel baru dari The Sims, yaitu The Sims 2, The Sims 3, dan The Sims 4 beserta ekspansinya. Wright mendapatkan banyak penghargaan dari hasil pekerjaannya tersebut. Game terakhirnya yaitu Spore yang dirilis pada tahun 2008. Karena itulah sebenarnya untuk The Sims 3 dan The Sims 4 ia tidak sepenuhnya mengembangkan kedua game tersebut.

Pendidikannya
Ia lulus dari Episcopal High School pada usia 16 tahun. Lalu ia melanjutkan ke Louisiana State University. Ia memulai dengan bidang arsitektur, bersamaan dengan mechanical engineering, Ia sangat menyukai komputer dan robotik. Dia sangat bagus dalam bidang, arsitektur, ekonomi mechanical engineering, sejarah militer, and ilmu bahasa 

Game designer

Wright bersama pengembang Games lain di sebuah BAFTA event di Los Angeles, July 2011. Dari kiri : Rod Humble, Louis Castle, David Perry, Brenda Brathwaite, John Romero, Will Wright, TimSchafer, Chris Hecker.
Pada 1986, Wright bertemu Jeff Braun, seorang investor yang tertarik memasuki industri game komputer, Lalu Wright dan Jeff Braun mendirikan Maxis di Orinda, California. SimCity (1989) adalah salah satu game yang menjadi pengaruh dalam dunia pengembangan game.
Setelah kesuksesan dari SimCity, Wright membuat SimEarth (1990) dan SimAnt (1991). Ia juga membuat SimCity 2000 (1993) bersama Fred Haslam and pada waktu sama Maxis menciptakan banyak game dengan tema "Sim". Game yang dibuat Wright selanjutnya yaitu SimCopter (1996). Meskipun game-game tersebut tidak sesukses SimCity, Wright dijuluki sebagai desainer "software toys"—game yang tidak dapat menang atau kalah. Pada 1992, Wright pindah ke Orinda, California.
Wright berpikir untuk membuat game doll house sejak tahun 1990-an, layaknya SimCity tetapi lebih terfokus pada kehidupan satu orang; setelah kehilangan rumahnya akibat bencana Oakland firestorm of 1991, dia terinspirasi untuk membangun kembali rumahnya dari awal dalam game
Saat Wright menyampaikan idenya ke direktur Maxis, Jeff Braun berkata, "Apa ini? Dia ingin membuat permainan boneka-bonekaan? Orang ini sudah kehilangan pikirannya. Boneka-bonekaan itu hanya untuk perempuan, sedangkan perempuan tidak ada yang bermain game" Maxis memberi sedikit dukungan terhadap pengembangan game tersebut. Sedangkan, EA lebih antusias. Steven Levy menulis: "Games buatan Wright berbeda dari yang lainnya."
EA merilis The Sims pada Februari 2000 dan menjadi kesuksesan terbesar untuk Wright. Pada November 2006, The Sims memberikan EA keuntungan lebih dari miliaran dollar.
Saat presentasi di Game Developers Conference pada 11 Maret 2005, Wright mengumumkan game terbarunya Spore. Wright berharap untuk dapat menginspirasi para developer game lain.

Sumber : Wikipedia

Sekian posting dari saya, Terima kasih banyak



No comments:

Post a Comment