Saturday, 19 September 2015

Profil Karakter Vocaloid


1. Hatsune Miku 
Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2 Release Date : 31 Agustus 2007 Gender : Female
Age : 16 tahun Height/weight : 158 cm/42kg Voice Base : Fujita Saki
Nama hatsune Miku diambil dai nama Hatsu (Pertama), Ne (Suara), Miku (Kanji Mirai yang artinya masa depan). Gadis berambut biru muda panjang berkuncir 2 ini mengambil sampel suara Fujita Saki. Miku dan VOCALOID menjadi sangat populer semenjak seorang pengguna dari situs Nico Nico Douga menggungah video Hatsune Miku (Ver. Chibi) yang menyanyikan lagu ievan polka yang di remix dengan nada super cepat sambil mengibas - ngibaskan daun bawang. Sejak saat itu banyak pengguna program VOCALOID yang membuat lagu sendiri, mengunggahnya, dan lagu tersebut digunakan pengguna situs lain yang membuat animasi untuk lagu tersebut.

2. Kaito

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 1 Release : 17 February 2006 Gender : Male Voice Base : Fuga Naoto
Kaito hanya terjual 500 Copy saja dan Crypton menganggapnya produk gagal. Akan tetapi, setelah seri Hatsune Miku dirilis, Kaito dirombak ulang dan sekarang banyal pengguna Vocaloid menyukai karakter suaranya yang lembut tapi kuat. 

3. Meiko
Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 1 Release Date : 5 November 2004 Gender : Female Voice Base : Haigo Meiko

Meiko adalah seri Vocaloid pertama yang dipasarkan dengan box ilustrasi anime. Suara Meiko yang diambil dari Haigo Meiko yang stabil dan datar, sehingga cocok untuk bernyanyi dalam jenis musik apapun. Sebelum Megurine Luka muncul, Meiko adalah suara paling dewasa untuk data suara jepang. Karena jenis suaranya lebih mengalir, Meiko punya jangkauan nada yang cukup luas.

4. Kagamine Rin dan Kagamine Len

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2 Release Date : 27 Desember 2007 Gender : Female (Kagamine Rin) and Male (Kagamine len) Age : 14 tahun Height/Weight : 152cm/43kg (Kagamine Rin), 156cm/47kg (Kagamine Len) Voice Base : Shimoda Asami
Sepasang anak kembar berambut kuning ini mengambil nama dari Kagami (Cermin), Ne (suara), Len (Mungkin diambil dari kata kanan) dan Rin (mengambil dari kata kiri). Software vocaloid 2 ini memasukan data ganda untuk anak laki - laki dan perempuan. Karena itu Crypton mencari pengisi suara yang mampu menyuarakan duo gender sekaligus. Walaupun berjenis kelamin laki - laki, jangkauan suara Len hampir sama persis dengan Rin, Hanya sedikit rendah. Suara Len dan Rin sangat harmonis sehingga penggunaanya dapat menggunakan keduanya untuk duet dalam satu lagu.



5. Megurine Luka
Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2
Release Date : 30 Januari 2009 Gender : Female  Age : 20 Heigh/Weight : 162cm/45kg Voice Base : Asakawa Yuu
Namanya diambil dari kata Meguri (seputar), Ne (suara), dan luka (Luca) yang diambil dari kanji Nagare (Arus), dan Ka (Lagu). Program Luka dibuat untuk dwi-bahasa, jepang dan inggris, Hanya beberapa hari dari perilisannya, banyak lagu dibuat dengan suara Luka muncul dan langsung masuk ke 30 besar TOP CHART d weekley VOCALOID Ranking (Februari 2009).







6. Kamui Gakupo
Developer : Internet Co.LTD Series : Vocaloid 2 Release Date : 31 Juli 2008 Gender : Male Age : 21 Voice Base : Camui Gackt
Awalnya INTERNET Co. ingin membuat karakter Vocaloid berdasarkan suara penyanyi yang sudah ada. Sayangnya sulit untuk mencari penyanyi yang setuju. Setelah berkonsultasi dengan pihak Dwango yang mengurus NICO - NICO DOUGA, mereka menyarankan untuk menggunakan Gackt. Gacky setuju untuk meminjamkan suaranya dan menamai Vocaloid tersebut, Gackpoid.



Sebenarnya masih banyak Character Vocaloid, Seperti Gumi, Piko, dan masih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment